HUTAN DAN KESEHATAN MANUSIA

Minggu, 28 Oktober 20120 komentar

Hubungan antara kesehatan manusia dan hutan tropis merupakan hubungan yang sangat rumit dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pola makan, kemiskinan, perubahan iklim, dan kegiatan pemanfaatan lahan. 

Isu utama
  1. Hutan tropis menyediakan pangan, obat-obatan, dan bahan bakar bagi jutaan manusia. Namun ada sisi yang tidak menguntungkan bagi kehidupan manusia yang tinggal di hutan: banyak dari mereka terkena penyakit yang parah dan seringkali fatal. Penebangan hutan yang dilakukan dengan bijak kadang-kadang dapat memperbaiki kehidupan, misalnya bila hutan diubah menjadi ladang atau kebun yang produktif. Namun, deforestasi, selain menyebabkan masalah-masalah lingkungan, juga menyebabkan hilangnya pangan alami dan mendorong penyebaran penyakit.
  2. Penyakit yang bermula dari hutan – contoh nyatanya adalah HIV/AIDS – dapat menyebar ke daerah sekitarnya. Demikian pula halnya dengan penyakit yang berasal dari luar wilayah hutan dapat memberikan dampak yang serius bagi penduduk hutan.
  3. Perubahan iklim secara nyata dapat mempengaruhi ketersediaan pangan dan tumbuhan obat-obatan yang berasal dari hutan di masa datang. Perubahan iklim juga dapat memicu peningkatan berbagai penyakit di wilayah hutan.
  4. Masyarakat yang tinggal di hutan seringkali tidak terjangkau oleh layanan kesehatan. Tidaklah mungkin untuk mendatangkan praktisi kesehatan yang terlatih ke setiap desa. Pemecahan masalahnya terletak pada upaya-upaya yang sifatnya lintas disiplin yang menggabungkan sistem penyembuhan tradisional dengan pemeliharaan kesehatan modern.
sumber: Infobrief

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMILe NEWSPAPER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger