MANFAAT HUTAN, SANGAT PENTING BAGI KEHIDUPAN

Selasa, 20 November 20120 komentar

Pengertian Hutan
Menurut UU No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, yang dimaksud dengan hutan adalah Suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan sumberdaya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. 

Manfaat Hutan

Pengatur Tata Air
Hutan dengan tutupan pohon-pohonnya memiliki kemampuan untuk menahan derasnya hujan yang turun dan memperlambat aliran permukaannya sehingga sebagian besar air dapat terserap ke dalam tanah. sebagian air tanah tersebut akan diserap pohon-pohon dan diuapkan kembali ke udara yang dapat berubah menjadi titik-titik hujan. sebagian air tanah lainnya akan mengalir ke sumber-sumber air dan sungai. apabila hutan gundul, maka air hujan akan langsung mengalir di atas permukaan tanah dan mengakibatkan banjir dan erosi, serta berkurangnya persediaan air tanah sebagai sumber air bersih.

Pengatur Iklim Mikro
Hutan dengan pohon yang rimbun akan dapat mengatur iklim di sekitarnya. Bernaung di bawah pohon yang lebat akan terasa lebih sejuk. daerah dengan kawasan hutan yang cukup akan memiliki perbedaan temperatur antara siang dan malam yang relatif kecil

Mengembalikan Kesuburan Tanah
Penguraian daun-daun dan ranting yang gugur oleh jasad renik di lantai hutan merupakan salah satu proses dari siklus hara tanah.Suksesi lahan bekas ladang kembali menjadi hutan merupakan proses yang penting untuk menjaga kesuburan tanah dan pengendalian hama.

Nilai Keindahan dan Pendidikan
Hutan umumnya memberikan keindahan dan rasa nyaman terutama karena kesejukan dan kemurnian udaranya. hutan juga merupakan misteri bagi ilmu biologi yang sebagian besar belum terungkap. dengan semakin berkurangnya luasan hutan, orang justru semakin tertarik untuk menikmati keindahan dan kesejukan hutan sehingga hutan bisa dijadikan objek wisata alam maupun untuk melakukan penelitian

Penyedia Sumberdaya Alam
Hutan menghasilkan kayu yang merupakan sumber devisa negara. hasil-hasil hutan non-kayu seperti tumbuhan obat, madu rotan, kayu api , binatang buruan, sayur serta buahan, merupakan sumber pendapatan penting bagi masyarakat disekitarnya. selain itu hutan merupakan sumber tumbuhan asli yang berguna dalam usaha pemuliaan jenis.

Tempat Hidup Satwa
Hutan memberikan tempat hidup dan menyediakan makanan bagi berbagai jenis satwa. keberadaan berbagai satwa tersebut secara langsung maupun tidak memberikan manfaat bagi manusia. bila hutan rusak, maka binatang-binatang itupun akan pergi dan akan mengganggu manusia. 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMILe NEWSPAPER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger