AIR TERJUN GADIH RANTIH

Jumat, 26 Oktober 20120 komentar

Air Terjun Gadih Rantih terletak 1,6 Km dari jalan Raya Lubuk Basung – Maninjau, dan berdekatan dengan bendung irigasi Batang Antokan. Secara rinci akses menuju lokasi air terjun ini melalui jalan Lubuk Sao – Arikia. Sepanjang 600 meter menuju lokasi masih jalan setapak. Saat ini telah terdapat Gazebo tempat wisata dilokasi air terjun. Air terjun ini terdiri dari beberapa tingkat. 

Keindahan dan kealamiannya menjadi daya tari tersendiri bagi pengunjung. Satu hal yang menjadi daya tarik adalah tidak adanya Pungli (pungutan liar) bagi pengunjung yang akan menikmati suasana air terjun ini.

Pemandian Gadih Rantih berada diatas air terjun Gadh Rantih, menurut mitos rakyat setempat pada masa dulunya terdapat seorang gadis yang bernama Gadih Rantih dengan perawakan menawan dan berambut panjang yang selalu menjadi tempat tersebut sebagai tempat pemandiannya. Dilihat sekilas pemandian ini mengandung misteri yang tak terungkap, dimana batu alam yang besar seolah diukir menjadi kolam/wadah untuk menampung air dan berendam. Namun demikian objek wisata ini tetap menjadi daya tarik disamping karena airnya yang bersih dan lokasinya yang terlindung. (Sumber. Dinbudpar Agam)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMILe NEWSPAPER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger