Pohon Besar di Dunia Makin Berkurang

Sabtu, 08 Desember 20120 komentar

Jumlah pohon tua berukuran besar di dunia makin berkurang. Menurut sebuah penelitian hal tersebut bisa menimbulkan masalah, karena pohon tua memiliki peran penting bagi hutan.

Dilansir dari Live Science, Sabtu (8/12/2012), pohon tua di sebuah hutan bisa memiliki banyak peran yang tidak dimiliki oleh pohon muda. Misalnya menjadi rumah bagi berbagai jenis hewan, menyediakan ruang tumbuh untuk tanaman lain dan menghasilkan sejumlah besar biji-bijian yang menjadi makanan hewan maupun pohon baru.

Salah satu penulis dalam penelitian tersebut, David Lindenmayer juga mengungkapkan bahwa pohon tua juga menyimpan sejumlah besar karbon dan terus menyimpannya seiring mereka tumbuh, bahkan di usia tuanya.

Sebuah penelitian dalam jurnal PLoS ONE menerangkan, meskipun sebuah pohon bergaris tengah satu meter hanya mengisi 1 persen dari total pohon di Yosemite National Park California, pohon besar tersebut menyumbang 50 persen dari total biomassa di wilayah tersebut. Hilangnya pohon-pohon tersebut bisa berbahaya.

"Hilangnya pohon besar dan tua bisa terjadi dalam hitungan dekade untuk disadari dan ditanggulangi. Secara umum hitungan waktu itu terlalu lambat untuk disadari manusia," ujar ahli lingkungan hidup di Western Ecological Research Center, California, Nate Stephenson.

"Generasi berikutnya mungkin tidak tahu bahwa pohon besar dan tua itu merupakan sesuatu yang pernah umum hadir di hutan yang dekat dengan mereka," imbuhnya.

Dia mengatakan, pohon tua dan besar menjadi semakin berkurang karena sejumlah alasan, termasuk penebangan dan pembukaan lahan untuk pertanian. (tempo.co)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMILe NEWSPAPER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger