Borneo dan Sumatra, Prioritas Tempat yang di Lindungi WWF

Selasa, 18 Desember 20120 komentar

Hutan Kalimantan dan Sumatera adalah salah satu habitat yang paling banyak keanekaragaman hayatinya di Bumi, memiliki jumlah tanaman dan hewan yang sangat banyak. 

Kita sebagai warga negara Indonesia patut bangga bahwa dunia perhatian pada keanekaragaman hewan dan tumbuhan di negeri kaya sumber daya alam ini agar tidak punah. Borneo dan Sumatra adalah satu dari sedikit tempat yang menjadi prioritas perlindungan keakearagaman hayati darii WWF (World Wild Life).

Tahukah kamu?, bahwa Kalimantan atau Borneo merupakan pulau ketiga terbesar di dunia, dan Sumatra sendiri merupakan pulau ke enam terbesar di dunia. Kalimantan dan Sumatra terletak di garis Khatulistiwa serta memiliki iklim tropis hal ini yang menyebabkan kedua pulau tersebut jadi rumah surga bagi hewan dan tumbuhan untuk hidup dengan damai. Mulai dari badak, harimau, gajah, orang utan dan banyak lainnya.

Kalimantan dan Sumatera adalah satu-satunya tempat di bumi dimana harimau, badak, orangutan, dan gajahhidup bersama. Hutan adalah rumah bagi makhluk luar biasa seperti bekantan, beruang, macan tutul,kelelawar, dan hewan langka seperti harimau Sumatera, badak Sumatera, dan gajah pigmi.

Ada lebih dari 15.000 tanaman yang dikenal disini, dan banyak spesies yang belum ditemukan. Sejak tahun 1995, lebih dari 400 spesies telah diidentifikasi, dengan lebih dari 50 spesies yang sama sekali baru bagi ilmu pengetahuan. Sebuah mamalia diketahui saat ini dijuluki Kalimantan karnivora merah berhasil difoto oleh salah satu perangkap kamera WWF pada tahun 2003.

Begitu indah dan cantik serta menggemaskannya binatang-binatang langka tersebut, sungguh kejam orang-orang yang telah membuat punah hewan yang oleh dunia lindungi itu. Penebangan hutan liar, pembakaran hutan ilegal, dan pemburuan hewan langka merupakan kelakuan yang sangat tidak memiliki adab yang tidak bisa dimaafkan.

Lihatlah, gambar dimana kelakuan yang sangat merusak alam ini terjadi terutama di hutan tropis kita kalimantan dan sumatra...

Pembakaran Hutan di Riau



Pembakaran Hutan di Kalimantan

Sangat memilukan, ketika melihat semua itu. Indonesia ku yang kucinta, tanah air beta. Bagaimana bisa yang peduli orang barat yang merusak adalah orang indonesia sendiri. Semoga semua bisa diperbaiki dan kita setidaknya bisa memberikan konstribusi yang baik dengan cara mengingatkan dan memberikan pengetahuan kepada anak didik kita, sahabat kita, keturunan kita betapa pentingnya hutan, hewan dan tanaman yang ada disekitar kita terutama hewan langka

WWF sendiri menjadi pondasi pendanaan perlindungan Sumatra dan Kalimantan dengan cara mengajak semua orang di dunia untuk bersama-sama memberikan kesempatan menolong melestarikan alam dengan 3 cara:
1. Take action dimana, disaarankan untuk memberikan surat kepada presiden Obama bagi masyarakat Amerika untuk melindungi hewan langka serta menjaga lingkungan yang bersih, air yang bersih serta mengurangi global warming.
2. Stay Update dengan kegiatan WWF melalui E-newsletter
3. Membeli souvenir WWF hewan-hewan langka berupa buku, boneka, tas dan lainnya.

Informasi ini sepenuhnya diambil dari website WWF, selengkapnya silahkan kunjungi websitenya diworldwildlife.org (www.gomuda.com)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMILe NEWSPAPER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger