8 Tujuan Millenium Development Goals

Rabu, 26 Desember 20120 komentar

Pemenuhan hak asasi dan kebebasan manusia, perdamaian, keamanan, dan pembangunan, bukan hanya isapan jempol belaka. Dengan Millenium Development Goals (MDGs) paradigma pembangunan nasional bisa direalisasikan. 

MDGs merupakan tujuan pembangunan millennium. Sebuah paradigma pembangunan global yang dideklarasikan dalam konverensi tingkat tinggi millennium oleh 189 negara yang tergabung dalam anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Resolusi Majelis Umum PBB yang menyepakati tujuan pembangunan millennium ini berkomitmen untuk mengintegrasikan MDGs sebagai bagian dari program pembangunan nasional dalam upaya menyelesaikan isu yang sangat mendasar tersebut. 

Deklarasi ini merupakan kesepakatan anggota PBB mengenai sebuah paket arah pembangunan global yang dirumuskan dalam beberapa tujuan. Berikut adalah delapan tujuan dari MDGs. 

1. Menanggulangi kemiskinan dan kelaparan. Tujuan pertama ini memiliki dua target besar. Pertama, menurunkan proporsi penduduk yang tingkat pendapatannya di bawah $1 (PPP) per hari. Kedua, menurunkan proporsi penduduk yang menderita kelaparan menjadi setengahnya antara 1990-2015. 

2. Menciptakan pendidikan dasar untuk semua. Pendidikan yang merata merupakan suatu hal yang mendasar. Dalam tujuan ini memastikan pada 2015 semua anak-anak di manapun, baik laki-laki maupun perempuan dapat menyelesaikan pendidikan dasar. 

3. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Masalah gender merupakan suatu hal yang sering menjadi perdebatan. Maka dari itu, tujuan ketiga yakni menghilangkan ketimpangan gender di tingkat pendidikan dasar dan lanjutan pada 2005 dan di semua jenjang pendidikan. 

4. Menurunkan angka kematian anak. Jumlah kematian anak semakin mengkhawatirkan. Menurunkan angka kematian balita sebesar dua pertiganya, antara 1990-2015, dengan cara pemberian imunisasi dan penyuluhan tentang kesehatan yang mendasar. 

5. Meningkatkan kesehatan ibu. Bukan hanya mengurangi kematian pada usia balita, namun MDGs juga meningkatkan kesehatan ibu hamil. Diketahui, tujuan ini memusatkan dalam menurunkan angka kematian ibu hamil sebesar tiga perempatnya antara 1990 hingga 2015. 

6. Memerangi HIV/AIDS, Malaria, dan penyakit menular lainnya. Penyakit menular merupakan ancaman. Dengan tujuan ke-enam ini, disepakati untuk mengendalikan penyebaran HIV/AIDS dan mulai menurunnya jumlah kasus baru pada 2015. 

7. Memastikan kelestarian hidup. Bukan hanya dari segi kesehatan perorangan, namun tujuan dari MDGs ini juga menjaga kelestarian hidup. Target dalam tujuan ini adalah memadukan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dengan kebijakan dan program nasional, serta mengembalikan sumber daya lingkungan yang hilang. 

8. Membangun kemitraan global untuk pembangunan. Dalam hal pembangunan di setiap negara, maka disepakati beberapa target, seperti, mengembangkan lebih lanjut mengenai sistem perdagangan, menanggapi kebutuhan khusua negara-negara yang belum berkembang, menanggapi kebutuhan khusus negara-negara yang hanya berbatasan dengan daratan dan negara-negara kepulauan kecil yang sedang berkembang melalui program aksi untuk pembangunan berkelanjutan, dan menyelesaikan secara menyeluruh masalah utang negara-negara berkembang. ( mdgs-dev.bps/Wikipedia/*/OL-06)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMILe NEWSPAPER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger