TIPS JIKA ANDA CINTA BUMI

Minggu, 18 November 20120 komentar

Selain banyak mendaur ulang bahan yang sudah tidak terpakai, mematikan listrik yang terbuang sia-sia juga bisa menjadi salah satu peran serta Anda dalam menjaga bumi. Namun, bukan hanya dalam bahan-bahan di sekitar loh, menjaga kelestarian lingkungan juga bisa dilakukan dengan cara memilih bahan dan kemasan bahan konsumsi yang tepat. 

1. Menu musiman. Memilih beberapa menu dari makanan yang sedang musim merupakan cara bijak terhadap alam. Ya, cara tersebut diklaim lebih baik dibanding Anda mencari beberapa bahan makanan yang sulit ditemukan. 

2. Produk lokal. Menikmati buah atau sayuran produksi lokal tidak akan mengurangi nutrisinya bagi tubuh Anda, dibanding Anda harus bersusah payah dan mengeluarkan kocek lebih untuk sekedar mengonsumsi makanan impor. 

3. Memaksimalkan makanan sisa. Menambahkan beberapa jenis bahan makanan segar dalam semangkuk makanan siang untuk santap malam bisa menjadi solusi. Hal tersebut bisa dilakukan untuk beberapa jenis makanan seperti olahan daging dan ikan. 

4. Teknik pengemasan yang baik. Sebisa mungkin pilihlah jenis bahan makanan yang memiliki bentuk kemasan yang mudah didaur ulang. Jangan memilih kemasan seperti stereofoam yang bukan hanya sulit didaur ulang, namun juga membahayakan. 

5. Kurangi teknik memasak dengan listrik atau gas. Sesekali, Anda bisa membuat makanan dengan cara dipanggang atau dibakar. Manfaatkan lahan rumah Anda untuk menaruh beberapa potong daging BBQ. Selain menghemat gas, hal ini juga akan mengurangi jumlah karbon. 

6. Cara sehat dan ramah lingkungan lainnya adalah dengan mengurangu konsumsi daging. Selama satu atau dua minggu sekali, Anda bisa menjadi vegetarian yang sehat. 

7. Daur ulang kemasan. Jika sulit untuk memilih kemasan yang ramah lingkungan, Anda bisa mengkreasikan kemasan tersebut menjadi beberapa kerajinan tangan. Pilah sampah sesuai dengan sifatnya. 

8. Produk organik. Selain menyehatkan, mengonsumsi bahan makanan organik juga ramah ligkungan. Pasalnya, produk organik diproduksi tanpa menggunakan bahan kimia. 

9. Makanan mentah. Makanan mentah dan organik adalah pilihan terbaik bagi tubuh. Bukan saja Anda hemat energi karena tidak perlu melakukan proses pemasakan, namun Anda juga akan mendapatkan vitamin dan mineral yang lebih banyak. 

10. Menanam beberapa bahan makanan. Untuk kelestarian lingkungan, Anda bisa menanam beberapa jenis sayuran di pekarangan rumah. Elain lebih segar, hal tersebut juga akan menjadi bentuk kecil dalam mengurangi pemanasan global. 

11. Membuat kompos. Untuk sisa bahan makanan yang tidak diolah dalam proses pemasakan, Anda bisa mengumpulkannya untuk menjadikan kompos. Dengan begitu, kompos ini akan menjadi penyubur alami tumbuhan yang Anda tanam. 

12. Kantung belanja ramah lingkungan. Saat Anda berbelanja bahan makanan, bawalah selalu kantung yang terbuat dari kain. Dengan begitu, Anda telah berkontribusi terhadap penghijauan dan kelestarian lingkungan. 

13. Hindari mengonsumsi bahan makanan seperti hiu atau jenis ikan yang dilindungi. Dengan demikian Anda telah berperan serta dalam menjaga populasi hewan dan kelestarian lingkungan. (Allwomenstalk/*/OL-06)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMILe NEWSPAPER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger