SATU LAGI PAHLAWAN DARI RANAH MINANG.

Kamis, 08 November 20120 komentar

Walau baru mendapat gelar kepahlawanan dari pemerintah RI, tapi engkau telah menjadi pahlawan dihati ku sejak lama. karena dari sekian pemimpin republik ini, tak banyak yang bisa menjadi negarawan, engkau bisa dan telah membuktikannya. 

Sekilas tentang Hatta. Drs. H. Mohammad Hatta (lahir dengan nama Muhammad Athar, populer sebagai Bung Hatta; lahir di Fort de Kock (sekarang Kota Bukittinggi, Sumatera Barat), Hindia Belanda, 12 Agustus 1902 – meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun) adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Ia bersama Soekarno memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945. Ia juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS. Ia mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. 

Pemberian gelar pahlawan ini harus diapresiasi, keputusan pemerintah memberi gelar pahlawan nasional kepada Soekarno-Hatta, meski terlambat. Ini bukanlah kewajiban pemerintahan siapapun tapi jadi kewajiban negara terhadap proklamator kemerdekaannya.  

Soekarno-Hatta adalah tokoh besar republik yang jauh lebih besar peran dan kontribusinya dibanding sederet tokoh lain yang sudah dapat gelar pahlawan nasional sebelumnya. 

Kita berharap, spirit nasionalisme mereka bisa dihidupkan di tengah arus persaingan global 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMILe NEWSPAPER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger